Jumat, 17 April 2009

PILPRES 09 : Smart Campaign ! Cegah HIGH COST Democrazy !!!

USA....The Party is Over !!
Capres Obama hanya habiskan Rp.4,5 trilyun untuk Pilpres AS
Pilgub Jawa Timur...1 Calon Gub habiskan Rp.5 trilyun !


Carut marut Pemilu Caleg 2009 usai sudah, dan kini tampak jelas meninggalkan berbagai masalah yang dihadapai oleh Negara, Pemerintah, Bangsa, DPR, KPU, Parpol, Caleg dan Rakyat :

* NEGARA: Sistem Kenegaraan sedang diuji Kehandalannya dalam Peran yang Netral dalam Pelayanan yang Fair & Adil kepada setiap indidvidu Publik, lepas dari pengaruh apalagi campur tangan Parpol Pemenang / pemegang kekuasaan,

* PEMERINTAH : sistem administrasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah, dan ini berkaitan dengan Sistem Administrasi Kependudukan Nasional, Sistem Manajemen Kepemerintahan Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, ikut bertanggung jawab atas kemelut Pemilu 2009

* BANGSA: Sedang dalam proses transformasi "kepandaian / kecerdasan" dan diuji ketangguhan mentalnya apakah mayoritas Bangsa masih dalam keadaan terbelakang, mudah disuap dengan Sembako dan mudah dikerahkan dalam gerombolan massa, mudah dikelabui oleh Iklan, mudah dikelabui oleh Dogma dlsb,

* DPR : diuji kehandalannya dalam menentukan Ke-sahih-an / kehandalan UU tentang Pemilu, Kehandalannya dalam menetapkan anggota KPU beserta Sistem Pemilihan yang disodorkan, dan dengan kinerja KPU yang di nilai buruk, ikut bertanggung jawab,

* KPU & KPUD: dengan carut marut pelaksanaannya, KPU/D menunjukkan kehandalan yang rendah,

* PARPOL, sedang diuji oleh rakyat, baik Platform Visioner, penetapan Caleg-jumlah caleg, strategi- taktik bertempur kampanya dalam menaklukkan simpati rakyat, ikut juga menentukan dalam teknis pelaksanaan Pemilu,

* RAKYAT, dalam posisi STATIS yang berjumlah Ratusan Juta orang dengan sebagian dalam posisi "TERSANDERA/ TERJEBAK" dalam Keterbalakangan+Kemiskinan
, nampaknya dalam keadaan lemah mental + intelektual dalam menyaring, menilai & menentukan Pilihannya (Vote), sehingga mudah dibeli dengan kampanye Sembako, Recehan & janji-janji,

Bagaimanakah Solusi masalah Pemilu akibat Komplikasi diatas ?..Bangsa Indonesia sedang diuji !

Dibalik Situasi yang KOMPLIKASI diatas, cukup sudah Parpol yang jumlahnya 1,6 juta Caleg mengeluarkan dana yang hampir pasti MELEBIHI Rp. 100 TRILYUN !! Lihat Pilgub Jawa Timur yang telah lewat saja seorang Calon keluarkan dana lebih Rp. 5 trilyun...Melebihi dana yang dikeluarkan oleh Obama dalam Pilpres AS yang kurang Rp.5 trilyun !. Hampir 90% lebih Caleg & Parpol berlomba jor-joran mengeluarkan dana untuk Poster Digital Printing, kalender, kaos, spanduk, bendera, pengerahan masa, sembako, iklan Televisi, radio, bill-board, film, vcd dlsb.......Demokrasi kita benar-benar terjebak dalam High Cost Democracy. Pilu melihat 1 juta Caleg kini dalam kondisi Uang terkuras, Kelelahan, Mental & Depresi.

Kini, saatnyalah lakukan evaluasi mendasar ! Aktifkan kaum intelektual muda untuk berperan dalam menyusun rencana kampanye yang Smart dan membangun jaringan kader serta kampanye dengan "mencerdaskan rakyat" yang berisi kampanye Sejatinya Pendidikan Politik yang akan mencerdaskan rakyat !. Dari pengalaman penulis yang menyaksikan ikut pertemuan lebih 10 x dengan Parpol untuk Agenda kampanye, kekuatan intelektual kaum muda dikecibir, diremehkan...dianggap "teoritis". Allah memberi karunia "kekuatan intelktual (otak) yang bila digunakan optimal ...memiliki power yang sangat dahsyat, selain sebagai kendali (rem) atas nafsu, emosi atau rencana gegabah yang kurang diperhitungkan dengan cermat. Ringkas kata: saatnya lakukan Smart Campaign ! niscaya akan cegah High Cost Democracy ! karena akan membawa Peradaban terjebak dalam "Korupsi Sistemik " !!!.

Meskipun aku sendiri sulit meyakinkan pada Elit-2 Parpol, Kyai atau Tokoh bagaimana menjelaskan kekuatan seorang otak intelektual manusia bisa menghasilkan energi super dahsyat seperti yg dihasilkan A.Einstein: E=MC2. E bisa diibarkatkan Energi (Hasil), jadi dengan M (masa, modal atau uang kecil), tetapi dengan kekuatan Cahaya (Kecerdasan Intelktual) yang kuadratik...AKAN BERIKAN HASIL yang BESAR ! tentunya kalau dalam Politik, didukung dengan perluasan Jaringan yang bersemangat (Roh) dan peran riil. Ayo...Untuk Pilpres bulan Jui 2009...BELUM TERLAMBAT ! Smart Campaign !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar