Minggu, 19 Oktober 2008

KERJASAMA Greenomics ESC-LSDP dengan DHARMA WANITA DEPKEU RI


AGENDA GREENOMICS....1
REBOISASI KAWASAN PUNCAK
Sunan Mursyid & Gatot Permadi Joewono.


Thanks Sobat ! itu yang patut disampaikan pada "mas Tonny Sumartono" (feui-79). Setelah kami kirimkan VCD awal tentang Greeenomics dan proposal Pendirian Institut Konservasi Alam (IKA), rupanya diputar juga VCD tsb. VCD itu adalah semacam Campaign untuk membangun Ekonomi Hijau Kerakyatan, yakni ekonomi yg mengolah "alam secara bijak" yg akan memberikan "kemanfaatan sosial, ekonomi & lingkungan" secara sustainable. Jadi bukan sekedar Reboisasi, meskipun reboisasi juga baik. Greenomics...ibaratnya Reboisasi dengan keunggulan "bangkitnya" roh sosial masyarakat dalam menanam, memelihara, memetik hasil, memperoleh manfaat, memberi dampak positif pada lingkungan dll. Berikut petikan singkat tanggapan sobat mas Tonny:

"Mursyid, boleh juga eloe bikin campaign, hanya...eloe cara menerangkan anggap gua goblooook bener. Tapi bagus juga yach" (TS).

"Fren..mas Tonny, yang penting kan niat tuluss, aspek kemanfaatan. Maklumi, persiapan syuting 1 jam, tanpa manuscript... langsung start." (SM)

"Lokasi dimana tuh dan eloe bibitkan pohon apa saja?" (TS)

"di rumahku dan di Nursery 2 ha yang kubina. Ada bibit Matoa, DUren, Kecapi, Mahoni, Jati... dan juga pohon Quldy. Aku punya sekitar 15 ribu pohon" (SM)

"bagus juga untuk start awal.. oke deh Syid, ntar kita lanjutin" (TS).


Seminggu kemudian, Tonny telpon, "Syid gue mau pesan 1.000 pohon. Gue ajak ya ke Puncak, liat lokasi lahan kritis". Hari Jumat kami berangkat, tinjau 2 lokasi lahan, ketemu Pak Badri (penerima Kalpataru). Dan hari itu Jumat malam, hatiku gundah dan berfiikir kok Tonny "care" banget ya, seharian tinjau lahan-2 kritis sampe Magrib. Sekitar jam 12 malam kuterima pesan "ibunda Sri Mulyani" (mertua mas Tonny) berpulang ke Sang Khalik. Smoga Khusunul Khatimah!.


Seminggu kemudian, kukirim 1.250 bibit pohon (Matoa, Kecapi, Mahoni, jati), 250 sebagai cadangan untuk penyulaman. Ibu-2 masih manambah dengan 2.000 pohon Cengkeh. Waktu pengiriman, rombongan sekitar 20 orang Ibu-2 Dharma Wanita, dipimpin Ibu Mulia P.Nasution (ketua DW-Depkeu) sudah di Lokasi. Seharian penuh di Puncak hingga malam. Boleh juga semangat dan kesungguhan Ibu-2 dari DW-Depkeu. Pohon harus didistribusikan secara benar, ditanam, dirawat.....hingga Besar untuk agenda SAFE JAKARTA.

ITU ADALAH AWAL dari agenda Greenomics...yang memperoleh sambutan: Tanam Pohon Buah atau tanaman keras yg memberi hasil: Manfaat.

Thanks Sobatku.... We Support You !. Environment Smart Centre -LSDP siap menyukseskan misi mulia mu. Ku siapkan 1.000 pohon lagi free !! Hanya please think for Transportation, Pupuk, Penanaman dan Perawatan.

Warms Regards !!.

1 komentar:

  1. Goodluck !!!
    Only one worold with limited natural resources should having "smart idea and concept"....You are smart !
    regards,
    Prabowo S

    BalasHapus